Minggu, 06 Mei 2012

Pemakaman San Diego Hills

TRIBUNNEWS.COM,KARAWANG --Pemakaman San Diego Hills, Karawang Barat, Jawa Barat, Kamis (3/5/2012), pagi. Udara masih segar. Angin semilir sepoi-sepoi, diantara kicauan burung kecil saling sesahutan.
Sejauh mata memandang tampak rumput Jepang tertata rapi. Ada pepohonan menjuntai diantara padang rumput. Dan danau buatan yang elok dipandang mata. "Ini seperti berada di lapangan golf. Lebih mirip perumahan elit. Sepertinya ini surga beneran," tutur Danny, seorang pengunjung.
Kemarin, San Diego Hills ramai pelayat. Siangnya Mantan Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dimakamkan. Pelayat yang datang, bukan sembarang orang. Mereka adalah para menteri, pengusaha, anggota DPR, duta besar negara sahabat, dan lainnya. Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono juga hadir, mengikuti pemakaman kenegaraan itu.
Mereka hadir menggunakan mobil mewah. Beberapa diantaranya memilih parkir mobilnya di ruang VVIP dan menggunakan mobil khusus menuju pemakaman. Mobil itu mirip mobil golf, tapi bisa memuat 10 orang.
Ada juga pengusaha yang hadir menggunakan helikopter. Harap maklum, di lokasi pemakaman juga disediakan helipad atau landasan helikopter. Luas pemakaman San Diego Hills kurang lebih 500 hektar. Sangat luas, ditata sedemikian rupa hingga terlihat sangat mewah dan elegan.
Disini pemakaman dibagi dalam beberapa kategori. Ada khusus pemakaman Muslim, pemakaman bagi warga Tionghoa, dan sebagainya. Ada pula pemakaman khusus bagi para anak bangsa yang dianggap memberikan konstribusi besar bagi bangsa dan negara yang dinamakan blok "Mention Heroes Plaza".
Di blok inilah Endang Rahayu dimakamkan. Dia satu blok dengan pemain sepakbola terkenal almarhum Ronny Pattinasarani. Seperti rumah masa depan yang benar-benar nyaman.
Makam juga dibuat tidak mengerikan, terlihat menyatu dengan padang rumput. Tidak akan terlihat batu nisan di sini. Yang ada, gundugan rumput kotak-kotak persegi empat.makam mereka.
Untuk harga satu makam bervariasi. Informasi yang diperoleh, harganya mulai dari Rp 40-an juta sampai Rp 1,5 miliar.

Penulis: Hasanudin Aco  |  Editor: Rachmat Hidayat
Akses Tribunnews.com lewat perangkat mobile anda melalui alamat m.tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More